Judul :
Pemasaran Buku
Resume
ke :
20
Gelombang : 28
Tanggal :
22 Februari 2023
Tema :
Pemasaran Buku
Narasumber
: Agus Subardana, S.E., M.M
Sahabat
Nusantara, Kita sudah memasuki pertemuan ke 20 KBMN gelombang ke 28 Dengan narasumber
yaitu Agus Subardana, SE, MM dengan moderator Purbaniasita KS, S.Pd. dengan
materi Pemasaran buku.
Tujuan
menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan pada para
pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh masyarakat.
Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada strategi
khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati
sebagai menu yang sangat dibutuhkan. Pemasaran
Buku sebuah judul materi yang menggelitik dan layak kita simak dan kuasai.
Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian
informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan
tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah
terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap
buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Dalam
rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup
dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis. Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek
dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang
di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan
menjadi katagori buku.
Salah
satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk
yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku
Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ). Dari
jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan
berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya
kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis
. Sehingga strategi pemasaran pada
umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor
Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan
sosial-budaya.
Saat
ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus
jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini
dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku,
dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari
20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori. Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan
Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.
Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi
Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
B. Pemasaran
buku lewat Online
Saat
terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia, mau gak mau kita dalam dunia bisnis
harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis
tidak akan bisa survive jika tidak
mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer
maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu
iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang cara mengiklan
ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa
bisa lebih mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang
signifikan bagi kehidupan kita. Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar dengan
bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing.
Digital marketing merupakan teknik
pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan
media online atau internet.
Jenis-jenis
digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara
lain :
1. Content
marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada
pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya
adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada
banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan
lainnya.
2. Search
Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet
untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian
membeli produk yang kita tawarkan.
3. Search
Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin
pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital
yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin
pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4. Social
media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan
pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa
platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang
- kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang
sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun
sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon
konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah
sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah. Masih
banyak cara untuk menarik perhatian calon pembeli dengan pantun2 yang dapat
kita buat
5. Email
Marketing. strategi marketing yang satu
ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant
messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan
promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa
kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger,
WeChat, dan platform messenger lainnya.
7. Influencer
Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan
pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan
atau ditawarkan oleh seorang influencer.
8. Video
marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan.
Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan
pemasaran.
9. Penerbit
Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI,
Pemasaran melalui channel Youtube juga
dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama
di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui
layanan live streaming.
Untuk
penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi
, supaya kita dapat :
I.
Menyebarkan informasi produk secara masif
kepada target pasar potensial
II.
Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan
konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
III.
Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi
pasar lagi lesu
IV.
Menaikkan penjualan dan profit
V.
Membandingkan dan keunggulan produk
dibandingkan dengan pesaing
VI.
Membentuk citra produk dibenak mata konsumen
sesuai dengan yang diinginkan
VII.
Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat
konsumen
Rencana
Kami Penerbit Andi , akan menyelenggarakan Lomba Bikin Film Pendek Bagi Pelajar
Indonesia.. dengan hadiah yang cukup menarik.
Kita
tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk
membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk
sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita.
Contoh
: Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll
Strategi
pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk
menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus
melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi
pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari
Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang
tersebut. Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan
berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko
Buku
Penerbit
Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri ,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka
kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi
tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku
Tradisional. Kenapa kita perlu petakan
jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut
mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda. Contoh toko buku modern
yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko
Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang
dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun
toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi
penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya
masih manual. Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan
jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi,
kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus. Strategi
Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan ,
antara lain :
I.
Menguasai display buku , supaya tampilan buku
dapat terlihat dan menonjol
II.
Mengadakan promosi di internal toko dengan
memasang produk di Neon Box, X Banner
III.
Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan
Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
IV.
Mengadakan event tematik sesuai moment bulan
berjalan (program Ramadhan, Program TAB,
Program TAM , dll )
V.
Dan masih banyak lagi program promosi di toko
buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan
pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2. Direct
Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran
Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku
yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
I.
Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan
buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
II.
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata
kualiah
III.
Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP,
SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan
pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan
buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) . Tugas
Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping
areanya masing – masing yang bertugas:
I.
Kunjungan langsung ke tiap sekolah
II.
Kunjungan langsung ke setiap kampus
III.
Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan
sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
IV.
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan
dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal
Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku
dapat meningkat.
3. Melakukan
Event – Event
Aktive
dalam melakukan event – event seperti
event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar